Eneba

File Manager Oppo, Letak dan Cara Melihat

File Manager Oppo – File manager merupakan salah satu aplikasi dengan peran ataupun fungsi cukup penting di dalam sebuah smartphone. Sebagaimana diketahui, saat ini hampir semua ponsel pintar keluaran terbaru sudah dibekali dengan fitur tersebut, salah satunya yaitu pada smartphone Oppo.

Secara garis besarnya, file manager memungkinkan pengguna ponsel Android menelusuri berkas, menemukan unduhan, mengelola ruang penyimpanan dan lain sebagainya. Pada HP Oppo sendiri, file manager terdaftar sebagai aplikasi bawaan yang memang tersedia secara default meski pengguna tidak menginstallnya.

Namun sayangnya, masih ada banyak pengguna Oppo mengeluhkan bahwa mereka belum mengetahui dimana letak file manager. Hal tersebut sebenarnya sangat wajar terjadi, terutama bagi para pemula atau pengguna baru sehingga belum mengetahui bagaimana cara melihat aplikasi file manager di ponsel.

Oleh karena itu, apabila di antara kalian kebingungan dalam mencari file manager, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu dimana letaknya. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan mengenai apa itu file manager Oppo dilengkapi dengan fungsi, letak hingga cara melihatnya.

Apa Itu File Manager Oppo?

Apa Itu File Manager Oppo

Sebelum pembahasan poin utama mengenai dimana letak file manager pada HP Oppo, sebaiknya pahami terlebih dahulu sekilas pengertian ataupun definisinya. Seperti sudah disinggung di awal, file manager merupakan sebuah aplikasi yang sangat berguna dalam mengelola semua file dan folder di ponsel Android.

Aplikasi tersebut memungkinkan penggunanya untuk memeriksa, mengubah, memindahkan serta menghapus file sampah di HP Oppo secara mudah dari satu lokasi sentral. Di dalam file manager sendiri nantinya terdapat beragam berkas seperti foto, gambar, video, dokumen dan lain sebagainya.

Pada intinya, file manager adalah sebuah aplikasi yang dapat dimanfaatkan untuk mengelola atau memanipulasi file serta folder di perangkat HP Android. Sebagai bahan gambaran, di bawah ini akan kami jelaskan secara lengkap mengenai beberapa fungsi pengelola file di HP Oppo.

  • Memudahkan pengguna HP Oppo mencari dan mengelola file di perangkat.
  • Memungkinkan pengguna HP Oppo menghapus file atau folder tidak penting sehingga bisa menghemat ruang penyimpanan.
  • Memungkinkan pengguna HP Oppo memindahkan file maupun folder dari satu tempat ke tempat lainnya.
  • Memungkinkan pengguna HP Oppo menyalin file maupun folder sesuai kebutuhan dan keinginan.

Letak File Manager Oppo

Letak File Manager Oppo

Seperti sudah disinggung sebelumnya, file manager juga sebenarnya dapat dikatakan sebagai sebuah brankas pribadi di HP Oppo. Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya aplikasi file manager sudah dibekali dengan beragam fitur menarik yang akan menjaga keamanan berkas maupun folder tersimpan di dalamnya.

Menariknya, pada HP Oppo keluaran terbaru, pengguna juga bisa mengembalikan video yang terhapus melalui fitur recycle bin. Jadi, fitur tersebut nantinya bisa membantu para penggunanya agar dapat mengembalikan file maupun folder yang terhapus secara tidak sengaja.

Berbicara mengenai pengelola file di HP Oppo, aplikasi tersebut memang sudah terpasang secara default atau memang sudah ada secara bawaan dari pabrik meskipun pengguna tidak memasangnya. Meskipun demikian, masih ada sebagian pengguna mengeluhkan bahwa mereka belum mengetahui dimana letak file manajer di HP Oppo.

Secara garis besarnya, letak file manager di HP Oppo berada di daftar menu aplikasi yang ada pada perangkat. Dengan kata lain, kedudukan file manager di perangkat Android sebenarnya sama saja seperti halnya aplikasi ataupun game yang pengguna install melalui Play Store.

Jika memang aplikasi file manager tidak disembunyikan oleh penggunanya, maka secara otomatis aplikasi bawaan ponsel tersebut akan terlihat di daftar menu. Pada intinya, letak file manajer di HP Oppo berada di daftar menu aplikasi yang bisa penggunanya akses secara mudah seperti halnya menu-menu bawaan ponsel lainnya.

Cara Melihat File Manager Oppo

Cara Melihat File Manager Oppo

Setelah memahami sekilas pengertian, fungsi hingga letak file manager di HP Oppo, maka selanjutnya tinggal mencari tahu bagaimana cara melihat, mengakses ataupun menggunakannya. Semua aplikasi bawaan ponsel tentunya didesain menggunakan tampilan antarmuka sederhana sehingga sangat mudah untuk digunakan.

Nah, hal tersebut juga tentunya diberikan oleh pihak developer Oppo untuk fitur pengelola file yang dapat pengguna akses secara mudah. Agar lebih jelasnya, langsung saja perhatikan baik-baik beberapa cara yang dapat dilakukan ketika ingin melihat file manager di HP Oppo semua tipe berikut ini.

1. Menu Aplikasi

Cara pertama untuk melihat manajer file di HP Oppo yaitu melalui daftar menu aplikasi. Pertama-tama, silakan buka menu daftar aplikasi lalu cari ikon dengan tulisan file manager. Jika menemukannya, silakan ketuk ikon tersebut untuk membuka serta melakukan pengelolaan file maupun folder di HP Oppo.

2. Fitur Pencarian

Cara selanjutnya yaitu melihat serta mengakses file manager melalui fitur pencarian aplikasi. Tata cara melakukannya juga tergolong cukup mudah, yaitu cari aplikasi menggunakan kata kunci File Manager. Jika menemukannya, ketuk ikon file manager untuk membukanya.

3. Pengaturan Ponsel

Cara terakhir yang dapat dilakukan untuk mengakses file manager di HP Oppo yaitu melalui opsi pengaturan ponsel. Kalian bisa mengakses opsi pengaturan ponsel, lalu masuk ke menu penyimpanan. Pada menu tersebut, biasanya juga akan ada tombol dengan keterangan file manager.

Penyebab File Manager Oppo Tidak Bisa Dibuka

Penyebab File Manager Oppo Tidak Bisa Dibuka

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai seluk beluk file manager HP Oppo mulai dari pengertian, fungsi, letak hingga cara melihatnya. Meskipun terdaftar sebagai aplikasi bawaan, namun masih ada sebagian pengguna mengeluhkan bahwa mereka tidak bisa mengakses fitur tersebut.

Dimana tidak bisa dibukanya file manager pada ponsel Oppo tentu dapat disebabkan oleh berbagai macam hal, entah itu faktor internal maupun eksternal. Nah, sebagai bahan gambaran, di bawah ini akan kami berikan beberapa daftar penyebab pengelola file di HP Oppo tidak dapat dibuka.

  • Belum update aplikasi file manager.
  • Adanya kesalahan konfigurasi pada pengaturan HP Oppo sehingga memunculkan error.
  • Memori internal atau kartu SD pada HP Oppo sudah mencapai kapasitas.
  • Adanya kegagalan akses perangkat pada HP Oppo.
  • Adanya konflik atau crash file manager dengan aplikasi lainnya.

Kesimpulan

Dari pembahasan di atas dapat diambil kesimpulan bahwa file manager menjadi salah satu aplikasi penting yang harus ada pada sebuah smartphone Android. Hal tersebut bukan tanpa alasan, sebab fitur tersebut nantinya memudahkan penggunanya dalam mengelola file maupun folder di dalam HP Oppo.

Itulah sekiranya penjelasan seputar apa itu file manager Oppo mulai dari pengertian, fungsi, letak hingga cara melihat disertai penyebab file manager tidak bisa dibuka. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai bahan gambaran ketika ingin mengelola file di HP Oppo semua tipe atau seri.

Tinggalkan komentar

Eneba