Eneba

HP Baru Harus di Cas 3 Jam, Ini Alasannya

HP Baru Harus di Cas 3 Jam – Kenapa HP baru harus di cas 3 jam lebih dulu? Ini menjadi pertanyaan yang dilayangkan oleh beberapa orang, khususnya mereka yang masih awam terkait penggunaan HP baru.

Banyak yang ingin tahu alasan mengapa setiap HP baru harus di cas 3 jam lebih dulu sebelum digunakan. Apakah ketika HP baru dicas kurang atau lebih dari 3 jam akan membuat baterai cepat boros?

Terkait HP baru harus di cas 3 jam terlebih dulu ini memang kerap disarankan oleh banyak orang. Tapi yang jadi pertanyaan, apakah saran tersebut berlaku untuk smartphone Android atau iOS keluaran terbaru saat ini?

Nah jika kalian penasaran terkait alasan mengapa HP baru harus di cas 3 jam lebih dulu sebelum digunakan. Disini kami akan bahas secara lengkap terkait hal tersebut, untuk itu langsung saja kita masuk ke ulasannya berikut ini.

Benarkan HP Baru Harus di Cas 3 Jam Lebih Dulu?

Benarkan HP Baru Harus di Cas 3 Jam Lebih Dulu

Buat kalian yang mencari tahu alasan kenapa HP baru harus di cas 3 jam terlebih dahulu, disini kami akan menjelaskannya secara detail. Penting diketahui bahwa saran seperti ini tidak akan berlaku atau tidak perlu kalian ikuti.

Hal ini dikarenakan smartphone terbaru saat ini telah dibekali dengan fitur serta teknologi yang berbeda dengan smartphone keluaran lama. Jika dulu HP masih belum seperti sekarang dan baterai digunakan juga berbeda dengan penggunaan baterai smartphone saat ini.

Sebenarnya saran ketika membeli HP baru harus di cas selama 3 jam lebih dulu hanya berlaku untuk HP lama, mungkin untuk HP keluaran 2013 ke bawah. Banyak orang menganggap jika cara ini akan membuat baterai HP lebih awet.

Ya, hal tersebut memang benar, namun itu hanya berlaku untuk tahun-tahun tersebut. Saat ini kita tidak perlu lagi mengikuti saran tersebut, karena seperti dijelaskan diatas tadi bahwa smartphone keluaran anyar telah didukung dengan fitur serta teknologi modern.

Untuk sekarang, kalian tidak perlu lagi mengecas selama 3 jam, 4 jam, 8 jam atau lebih, karena ketika membeli HP baru dan dinyalakan lalu indikator baterai menunjukkan baterai masih 70-80%, maka kalian bisa langsung menggunakannya tanpa harus mengecasnya lebih dulu.

Akan tetapi jika ketika pembelian HP baru dengan indikator baterai hanya 15% atau 10%, maka disini kalian wajib mengecasnya terlebih dahulu, dan tunggu baterai full sampai 100% baru kalian gunakan.

Idealnya Berapa Jam untuk Cas HP Baru?

Idealnya Berapa Jam untuk Cas HP Baru

Nah terkait berapa jam waktu ideal untuk cas HP baru, disini juga tidak ada patokan. Jadi, kalian bisa mengecas HP berapa jam terserah kalian semua. Intinya, jika indikator baterai sudah ada di 10% atau di bawahnya, kalian bisa segera mengecasnya sampai penuh.

Disamping itu, HP tipe sekarang juga sudah banyak dibekali dengan fitur penahan aliran daya ketika di cas. Jadi ketika baterai sudah penuh atau 100%, dan kalian tidak mencabutnya, maka hal tersebut tidaklah masalah karena otomatis aliran daya cas akan diberhentikan oleh fitur yang tersemat.

Sampai disini kalian sudah paham bukan apa kesimpulannya? Ya, HP baru tidak perlu di cas 3 jam atau lebih, karena teknologi baterai HP keluaran terbaru sudah sangat mutakhir dan pastinya mengalami beberapa tahap QC.

Pada intinya, kalian bisa sesuaikan saja, ketika membeli HP baru dan indikator baterai ketika dinyalakan masih banyak, kalian bisa langsung menggunakannya. Namun sebaliknya, jika indikator baterai ada di angka 10% apa di bawahnya, kalian bisa mengecasnya lebih dulu.

Apakah Aman Jika HP di Cas Semalaman?

Apakah Aman Jika HP di Cas Semalaman

Untuk masalah ini, seperti kami jelaskan diatas, bahwasanya kalian bisa saja mengecas HP semalaman karena HP keluaran terbaru telah dibekali dengan fitur penahan aliran daya.

Walaupun HP sudah terisi penuh dan kalian lupa tidak mencabutnya, maka fitur akan bekerja secara otomatis untuk mematikan aliran daya dari charger tersebut. Sebenarnya, kalian juga tidak perlu mengecas HP semalaman penuh, karena dengan adanya fitur fast charging, saat ini HP bisa terisi penuh hanya dalam 1,2 atau 3 jam saja.

Tips Agar Baterai HP Lebih Awet

Tips Agar Baterai HP Lebih Awet

Kebanyakan orang mungkin akan lebih menjaga agar baterai ponsel mereka tetap awet. Nah, disini ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menjaga agar baterai HP tetap awet dan tidak boros, diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Aktifkan Dark Mode

Tips pertama adalah dengan mengaktifkan Dark Mode di ponsel kalian. Ketika kalian menggunakan HP dengan layar Amoled, gunakan latar belakang dengan warna gelap. Cari ini bisa membantu meningkatkan usia baterai karena layar Amoled hanya menerangi pixel yang berwarna.

Pixel dengan warna hitam memerlukan sedikit daya sehingga cara ini bisa membuat baterai kalian lebih awet berjam-jam.

2. Aktifkan Mode Pesawat

Lalu bisa juga dengan mengaktifkan mode pesawat. Hal ini dilakukan karena koneksi internet dapat mengurasi daya baterai HP. Namun, mengaktifkan mode pesawat juga membuat HP dalam kondisi offline sehingga bisa dimanfaatkan ketika kalian tidur di perjalanan atau ketika tidak membutuhkan koneksi internet di HP.

3. Gunakan Mode Hemat Daya

Gunakan mode hemat daya. Mode ini mampu mengurangi fungsi yang bisa menyebabkan baterai cepat habis. Fitur ini akan membatasi kecepatan mesin sampai 70% dan menurunkan kecerahan sampai 10% yang membuat baterai tetap awet.

4. Kurangi Kecerahan Layar HP

Jika kalian tidak ingin mengaktifkan mode hemat daya, kalian dapat mengurangi kecerahan layar HP secara manual di pengaturan. Kalian juga bisa menonaktifkan kecerahan otomatis karena fitur ini memang dibuat untuk menyesuaikan kebutuhan, namun juga bisa dapat membuat layar menjadi cerah berlebihan.

5. Matikan GPS

Selanjutnya matikan GPS. Cara ini paling signifikan untuk membuat baterai lebih awet. Caranya pun mudah, kalian hanya perlu masuk ke Pengaturan – Keamanan & Lokasi – geser tombol lokasi untuk menonaktifkan fitur ini.

6. Matikan Wifi

Lalu matikan Wifi juga bisa menjadi opsi lain untuk membuat baterai lebih awet. Caranya juga mudah, kalian bisa masuk ke menu Pengaturan – Jaringan & internet – Wi-Fi. Di bagian bawah preferensi WI-Fi, hapus centang pada opsi Nyalakan WI-Fi secara otomatis.

7. Hindari Aplikasi Berjalan

Hindari aplikasi yang terus berjalan. Ketika ada aplikasi berjalan, maka aplikasi akan menguras baterai HP secara terus menerus. Nah kalian bisa mengeceknya secara berkala untuk mengetahui apakah ada aplikasi berjalan atau tidak. Jika tidak digunakan, kalian bisa hapus atau nonaktifkan aplikasi tersebut.

8. Matikan Suara atau Getaran Keyboard

Lalu tips terakhir adalah dengan mematikan suara atau getaran Keyboard. Cara ini diklaim mampu membantu daya tahan baterai lebih awet selama berjam-jam.

Kesimpulan

Menarik kesimpulan dari pembahasan diatas, disini kami tekankan sekali lagi bahwasanya HP baru tidak perlu di cas 3 jam lebih dulu. Kalian bisa mengecas HP baru ketika indikator baterai ada di angka 10% atau di bawahnya. Namun jika indikator baterai masih di angka 70% atau 80% kalian tidak perlu mengecasnya.

Tinggalkan komentar

Eneba