Eneba

40 Biaya Ganti Speaker HP Semua Tipe dan Merk 2024

Biaya Ganti Speaker HP – Sebagaimana diketahui, speaker merupakan salah satu komponen vital ponsel yang mempunyai fungsi untuk mengeluarkan suara sistem. Jika terjadi kerusakan, tentunya akan membuat pengguna merasa kesal, terlebih lagi jika ingin digunakan saat keadaan darurat.

Ketika kerusakan speaker sudah cukup parah, sebenarnya solusi paling tepat yaitu membawa ke tukang service atau service center resminya untuk dilakukan penggantian komponen. Dimana tindakan tersebut tentunya membutuhkan adanya persiapan biaya ganti speaker HP.

Secara garis besarnya, rincian biaya ganti speaker HP nantinya akan dipengaruhi oleh berbagai macam hal, mulai dari tipe atau seri hingga merk ponsel. Selain itu, tingkat kerusakan juga nantinya bisa mempengaruhi total upah jasa teknisi ketika melakukan perbaikan speaker HP.

Maka dari itu, apabila di antara kalian ingin mengganti speaker HP ke tukang service terdekat, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu rincian biayanya. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan mengenai biaya ganti speaker HP semua tipe dan merk disertai penyebab kerusakannya.

Tanda Speaker HP Rusak

Tanda Speaker HP Rusak

Tidak adanya gejala masalah serius terhadap speaker HP, bukan berarti komponen penting di dalam ponsel tersebut baik-baik saja. Mungkin saja, terdapat sejumlah indikasi atau tanda bahwa speaker HP rusak, namun kalian tidak menyadarinya secara langsung.

Dimana hal tersebut justru akan memperparah kerusakan karena tindakan penanganan yang terlambat. Oleh karena itu, sebelum membahas biaya ganti speaker HP semua tipe dan merk lebih lanjut, berikut akan kami berikan beberapa ciri ataupun tanda kerusakannya.

  • Suara speaker HP pecah.
  • Munculnya suara kresek.
  • Speaker HP tidak memunculkan suara sama sekali.
  • Suara speaker HP minim, padahal volume maksimal.

Penyebab Speaker HP Rusak

Penyebab Speaker HP Rusak

Seperti sudah disinggung di awal, speaker HP adalah salah satu komponen penting yang memungkinkan pengguna menikmati audio dari perangkat. Dimana kerusakan speaker HP tentu akan mempengaruhi pengalaman pengguna dalam mendengarkan musik, menonton video atau bahkan menjawab panggilan telepon.

Munculnya permasalahan ataupun kerusakan speaker HP tersebut sebenarnya bisa disebabkan oleh berbagai macam hal, entah itu faktor internal maupun eksternal. Oleh karena itu, selain harus mengetahui biaya ganti speaker HP, kalian juga harus memahami sejumlah penyebab kerusakannya di bawah ini.

1. Debu dan Kotoran

Penyebab kerusakan speaker HP paling umum yaitu akumulasi debu, kotoran ataupun partikel kecil lainnya di sekitar komponen. Dimana debu ataupun kotoran yang masuk ke speaker dapat menghalangi gerakan komponen di dalamnya sehingga membuat suara sember.

2. Air dan Kelembapan

Kondisi kelembapan ataupun HP yang terkena cairan juga menjadi faktor penyebab kerusakan speaker selanjutnya. Cairan seperti air atau minuman yang masuk ke dalam HP mampu menyebabkan kerusakan serius pada komponen internal speaker sehingga bisa mempengaruhi kualitas suaranya.

3. Volume Terlalu Tinggi

Perlu diketahui, ternyata meningkatkan volume suara terlalu tinggi secara terus-menerus juga bisa menjadi penyebab speaker HP sember. Hal tersebut bukan tanpa alasan, sebab speaker dirancang untuk menghasilkan suara dalam batasan tertentu. Sehingga ketika melampaui batasnya, maka akan berakibat pada kerusakan serius di bagian komponen-komponen internal speaker.

4. Perangkat Lunak dan Aplikasi

Tidak hanya dari segi kerusakan fisik pada hardware saja, namun masalah perangkat lunak atau aplikasi mengganggu juga bisa membuat speaker HP rusak. Seperti diketahui, smartphone keluaran terbaru kini mempunyai beragam pengaturan audio yang bisa mempengaruhi kinerja speaker.

5. Usia HP

Lalu penyebab speaker HP rusak terakhir yaitu terjadi karena usia pakai dari perangkat itu sendiri. Seperti diketahui, setiap perangkat elektronik termasuk HP mempunyai batasan usia yang akan mempengaruhi performa seiring berjalannya waktu pemakaian. Tentunya komponen internal di dalamnya juga akan ikut serta terpengaruh, termasuk speaker.

Biaya Ganti Speaker HP

Rincian Biaya Ganti Speaker HP

Memang benar bahwa kini sudah tersedia beberapa perlengkapan tambahan yang bisa pengguna manfaatkan untuk mendengarkan suara dari HP seperti headset, speaker bluetooth dan lain sebagainya. Namun, keberadaan speaker bawaan HP masih menjadi poin penting yang perlu diperhatikan.

Nah, setelah mengetahui ciri-ciri hingga penyebab rusaknya speaker HP, maka selanjutnya tinggal mencari tahu berapa besaran biaya perbaikan ataupun penggantiannya. Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, kerusakan speaker yang sudah tergolong cukup parah maka harus segera dilakukan penggantian komponen.

Untuk saat ini, rincian biaya ganti speaker HP akan dipengaruhi oleh berbagai macam hal, mulai dari tipe atau seri hingga merk perangkat elektronik itu sendiri. Selain itu, jenis komponen serta tingkat kerusakannya juga nantinya bisa mempengaruhi total upah jasa penggantian speaker di tukang service.

Sebagaimana diketahui, rata-rata smartphone keluaran terbaru kini sudah dibekali dengan dua jenis speaker, yaitu speaker ear dan speaker buzzer, entah itu di HP Android maupun iPhone. Daripada penasaran, langsung saja perhatikan baik-baik rincian biaya ganti speaker HP semua tipe dan merk di bawah ini.

1. Earpiece Speaker

Earpiece speaker adalah jenis speaker di ponsel yang terletak di bagian atas dekat sensor. Jika kerusakan terdapat pada speaker jenis ini, maka kalian perlu mempersiapkan biaya penggantian komponen kurang lebih sekitar Rp 200.000 hingga Rp 300.000, tergantung pada tipe ponselnya.

2. Speaker Buzzer

Sementara speaker buzzer ialah sebuah speaker yang biasanya terletak di bagian bawah HP yang digunakan untuk panggilan telepon serta pemutaran media. Untuk saat ini, biaya ganti speaker buzzer pada HP keluaran terbaru berada di kisaran Rp 150.000 sampai Rp 250.000, tergantung serinya.

3. Fleksibel Kabel Speaker

Tidak hanya dari komponen speaker HP saja, namun kerusakan juga bisa terjadi pada fleksibel kabel speaker. Dimana komponen tersebut berfungsi untuk menghubungkan speaker dengan perangkat internal lainnya di dalam HP. Untuk biaya ganti fleksibel kabel speaker berada di kisaran Rp 100.000 hingga Rp 200.000.

Perlu diingat, semakin mahal HP, maka biasanya akan semakin tinggi pula ongkos jasa tukang service dalam melakukan penggantian speaker. Hal ini dikarenakan setiap komponen speaker HP tentunya mempunyai spesifikasi ataupun karakternya masing-masing.

Melalui data di atas, dapat disimpulkan bahwa biaya ganti speaker HP dapat berkisar antara Rp 100.000 hingga Rp 300.000, tergantung pada jenis serta tingkat kerusakannya. Dimana informasi tersebut tentunya berlaku untuk semua tipe dan merk HP seperti Xiaomi, Samsung, Oppi, Vivo, Infinix, iPhone dan lain sebagainya.

Tips Merawat Speaker HP

Tips Merawat Speaker HP

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai rincian biaya ganti speaker HP semua tipe, merk hingga jenis kerusakannya. Supaya speaker HP bisa awet, tahan lama serta tidak mudah mengalami kerusakan, tentunya dibutuhkan adanya perawatan rutin oleh setiap penggunanya.

Secara garis besarnya, perawatan speaker HP kurang lebih sama seperti saat ingin merawat speaker pada umumnya. Nah, sebagai informasi tambahan, di bawah ini akan kami berikan sejumlah tips merawat speaker HP agar awet, tahan lama serta tidak mudah rusak.

  • Bersihkan speaker HP secara rutin.
  • Jangan menggunakan speaker HP dengan volume tinggi.
  • Jangan dekatkan speaker HP ke medan magnet.
  • Jauhkan speaker HP dari air.
  • Gunakan headset seperlunya.
  • Hindari bagian speaker HP dari benturan keras.

Kesimpulan

Dari pembahasan di atas dapat diambil kesimpulan bahwa penggantian speaker HP menjadi solusi paling tepat apabila tingkat kerusakan komponen sudah cukup parah. Namun, tentunya kalian perlu mempersiapkan sejumlah biaya ketika ingin menggantinya, entah itu untuk pembelian komponen ataupun untuk upah jasa tukang service.

Itulah sekiranya penjelasan mengenai biaya ganti speaker HP semua tipe, merk hingga tingkat kerusakan dilengkapi dengan ciri beserta penyebab kerusakannya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai bahan gambaran ketika ingin mengganti speaker HP ke tukang service terdekat.

Tinggalkan komentar

Eneba