Eneba

Hotspot iPhone Sering Mati Sendiri? Tenang, Begini Solusinya

Hotspot iPhone Sering Mati Sendiri – Khusus kalian para pengguna iPhone, apakah kalian pernah mengalami masalah hotspot iPhone sering mati sendiri? Ini menjadi salah satu masalah yang hampir dialami oleh banyak pengguna iPhone.

Bagi pengguna baru atau awam, tentunya masalah seperti apa menimbulkan beberapa pertanyaan. Sebenarnya apa sih yang menjadi penyebab mengapa hotspot iPhone sering mati sendiri, dan seperti apa cara mengatasinya?

Fitur tethering hotspot memang menjadi fitur penting dalam sebuah ponsel, baik di Android maupun iPhone. Banyak pengguna iPhone sering mengaktifkan fitur ini untuk disambung ke HP lain ketika koneksi Wifi dirasa lelet.

Terkait permasalahan hotspot iPhone sering mati sendiri, disini kami akan memberikan informasi lengkap, mulai dari penyebab dan seperti apa cara mengatasinya. Untuk itu, langsung saja kita masuk ke inti pembahasan berikut ini.

Penyebab Hotspot iPhone Sering Mati Sendiri

Hotspot iPhone Sering Mati Sendiri Tenang Begini Solusinya 1

Untuk pembahasan pertama kami akan menjelaskan lebih dulu apa yang menjadi penyebab mengapa hotspot iPhone sering mati sendiri. Dalam hal ini, penyebab menjadi hal penting untuk diketahui agar nantinya kita bisa menemukan solusi dengan mudah.

Nah, jika kalian mengaktifkan hotspot iPhone untuk berbagi koneksi internet dengan HP lain, dan tiba-tiba hotspot sering mati sendiri, ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Adapun diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Paket Data Habis

Penyebab pertama adalah karena paket data internet milik kita habis. Terkadang kita kerap lupa untuk mengecek lebih dulu berapa sisa kuota yang dimiliki. Nah, ketika hotspot iPhone diaktifkan dan tersambung ke HP lain, hal ini jelas akan memangkas banyak kuota kalian.

Terlebih jika hotspot tersambung ke 1,2 atau bahkan sampai 3 perangkat, penggunaan kuota akan sangat besar. Nah jika kuota telah habis, maka secara otomatis fitur hotspot iPhone akan mati dengan sendirinya karena koneksi tethering HP lain sudah tidak aktif.

2. Koneksi Tidak Aktif

Penyebab kedua yaitu karena koneksi tethering hotspot sudah tidak aktif. Apabila hotspot aktifkan, hotspot tersebut hanya akan berfungsi jika terdapat koneksi yang aktif (hp tersambung).

Nah jika dalam jangka waktu 90 detik tidak ada aktivitas dari perangkat yang tersambung dengan hotspot iPhone kalian, maka hotspot akan secara otomatis mati dengan sendirinya.

3. Berada di Luar Jangkauan

Hotspot iPhone sering mati sendiri juga bisa disebabkan karena koneksi iPhone berada di luar jangkauan. Biasanya ketika bepergian, kita mungkin akan mengaktifkan hotspot untuk bisa berbagi dengan perangkat yang minim sinyal.

Namun, ketika dalam perjalanan, jaringan kartu seluler yang kita miliki terkadang stabil terkadang tidak. Nah pada saat ini berada di jangkauan yang tidak stabil, maka secara otomatis hotspot akan mati sendiri.

Ketika berada di luar jangkauan, tentunya perangkat lain yang tersambung akan tidak dapat mengakses jaringan hotspot. Sehingga ketika tidak ada aktivitas dalam waktu 90 detik, maka hotspot iPhone akan mati.

4. Masalah Teknis Lainnya

Lalu penyebab terakhir adalah dikarenakan beberapa masalah teknis lainnya. Untuk masalah teknis lainnya kemungkinan karena adanya kerusakan pada fitur tersebut, sistem operasi iPhone belum di update, pengaturan hotspot yang tidak benar, pengaturan baterai salah atau bisa juga karena masalah lainnya.

Cara Mengatasi Hotspot iPhone Sering Mati Sendiri

Cara Mengatasi Hotspot iPhone Sering Mati Sendiri

Jika kalian sudah mengetahui penjelasan lengkap terkait penyebab mengapa hotspot iPhone sering mati sendiri, berikutnya kita akan bahas cara mengatasi masalah ini. Cara mengatasi masalah ini tentunya berbeda dengan cara mengatasi masalah hotspot tidak tersambung di HP Android, seperti HP Xiaomi, HP Samsung atau HP Vivo.

Pada solusinya, ada beberapa metode yang bisa kalian gunakan. Lebih jelasnya langsung saja simak caranya berikut ini.

1. Cek Pemakaian Data

Cara pertama cek lebih dulu pemakaian data internet kalian. Jika penggunaan data terlalu berlebih, ada kemungkinan besar hotspot iPhone mati sendiri karena paket data internet telah habis. Untuk memeriksa pemakaian data, kalian bisa ikuti langkah berikut.

  • Pertama masuk ke menu Settings dan pilih bagian Mobile Data.
  • Kemudian di halaman ini,m silahkan klik Personal Hotspot untuk melihat rincian pemakaian data.
  • Atau bisa juga dengan langsung mengecek sisa kuota kalian melalui aplikasi.

2. Sambungkan Hotspot Kembali

Apabila kalian telah terkoneksi ke hotspot iPhone dengan HP lainnya atau perangkat komputer, kalian perlu menghapus koneksi jaringan dan sambungkan kembali dengan memasukkan ulang password hotspot iPhone.

Jangan lupa juga sebelum menambahkan hotspot ke perangkat lain, periksa juga kata sandi di semua pengaturan Personal Hotspot di Pengaturan iPhone kalian.

3. Non-aktifkan Fitur Low Data Mode

Cara selanjutnya bisa juga dengan menonaktifkan fitur low data mode. Cara ini memungkinkan para pengguna untuk bebas menggunakan data internet tanpa dibatasi pemakaiannya. Untuk menonaktifkan opsi ini, kalian bisa ikuti langkah di bawah ini.

  • Masuk ke menu Settings lebih dulu dan pilih menu Mobile Data.
  • Setelah itu, silahkan cari paket utama yang digunakan untuk mengkonfigurasi hotspot. Opsi ini ada di bagian Data Plans dengan nama Personal.
  • Nah di layar berikutnya, kalian akan melihat opsi Low Data Mode dan nonaktifkan dengan menggeser toggle.

4. Non-aktifkan Fitur Low Power Mode

Selain menon-aktifkan fitur low data mode, kalian juga menon-aktifkan fitur low power mode. Fitur ini bisa menghalangi semua proses yang berjalan di iPhone yang mana kerap menghabiskan banyak daya baterai. Cara menon-aktifkan fitur ini adalah sebagai berikut.

  • Masuk ke menu Settings dan kemudian pilih menu Baterai.
  • Pada halaman menu Baterai, disini kalian akan mendapati opsi Low Power Mode. Matikan fungsi ini dengan menggeser toggle.

5. Setel Ulang Pengaturan Jaringan

Untuk cara mengatasi hotspot iPhone sering mati sendiri berikutnya bisa juga dengan menyetel ulang pengaturan jaringan. Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.

  • Pertama silahkan masuk ke menu Pengaturan dan kemudian pilih General.
  • Pilih opsi Transfer or Reset iPhone di layar berikutnya.
  • Selanjutnya, klik tombol Reset dan pilih Reset Network Settings. Lakukan konfirmasi dan jalankan proses reset sampai selesai.

6. Aktifkan Layar Hotspot iPhone

Jika hotspot iPhone sering mati sendiri, disini kalian bisa terus menyalakan layar hotspot iPhone. Walaupun hal ini akan menguras daya baterai, namun bisa membantu agar koneksi internet tetap stabil dan hotspot tidak terputus.

7. Periksa Pengaturan Operator

Perlu diketahui bahwa operator seluler kerap mengalami pembaruan pengaturan jaringan. Apabila pengaturan konektivitas jaringan di iPhone tidak diperbarui, maka ini bisa menjadi penyebab hotspot iPhone sering mati sendiri. Untuk memeriksanya, kalian bisa ikuti langkah berikut.

  • Masuk menu Pengaturan dan pilih General.
  • Selanjutnya klik About dan cari pengaturan kartu SIM kalian.
  • Disini kalian akan melihat menu Network Provider. Klik Network Provider untuk mencari pembaruan.
  • Jika ada, kalian dapat melakukan pembaruan lalu lakukan restart iPhone dan nyalakan kembali hotspot kalian.

8. Update Sistem Operasi

Nah untuk cara mengatasi masalah hotspot iPhone sering mati sendiri adalah dengan mengupdate sistem operasi. Proses pembaruan ini biasanya akan memakan waktu cukup lama, namun biasanya setelah proses selesai, semua permasalahan, bug atau lain sebagainya akan teratasi. Untuk melakukan update, kalian bisa ikuti cara berikut.

  • Buka menu Pengaturan dan pilih General/Umum.
  • Lalu tap menu Software Update. Jika tersedia pembaruan, kalian bisa lakukan pembaruan tersebut dengan klik Tombol Download dan Install.
  • Tunggu sampai proses selesai dan coba aktifkan hotspot kembali.

Kesimpulan

Mengenai pembahasan diatas terkait penyebab dan cara mengatasi hotspot iPhone sering mati sendiri. Disini dapat kami simpulkan bahwa masalah ini mungkin menjadi masalah umum yang hampir dialami oleh semua pengguna iPhone.

Ketika masalah ini terjadi, kalian wajib mengetahui apa saja penyebabnya terlebih dahulu. Jika sudah, maka nantinya solusi bisa kita dapatkan dengan mudah. Baiklah, hanya ini yang bisa kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar

Eneba